Tuesday, November 27, 2012

cara membuat contact form di blog

Cara membuat Contact form di blog

Membuat Contact form (Formulir kontak) di blog mungkin dapat dikatakan penting. Mengapa demikian ? membuat contact form di blog, fungsinya untuk mempermudah pengunjung memberi kritk / saran pada suatu blog. Dengan itu, kedua pihak antara pemilik suatu blog/website dan pengunjung suatu blog/website dapat menjaga privacy masing-masing karena contact form ini. Selain itu, memasang contact form juga berfungsi untuk menghindari spam yang dikirim melalui email.
Cara membuat Contact form di blog
Nah, biasanya pemilik blog/website menaruh contact formnya di suatu halaman yang biasanya dinamai dengan "Contact Me / Kontak Saya". Sayangnya blogger/blogspot belum menyediakan halaman contact me secara default. Berbeda dengan blogger, Wordpress sudah menyediakan halaman contact me secara default. Tapi sobat blogger jangan khawatir, kita dapat membuat halaman contact me sendiri dan menggunakan contact form dari layanan external suatu situs. Oke, langsung saja kita ke Cara membuat Contact form di blog:

Langkah pertama, membuat contact form di blog
  1. Pilih salah satu website penyedia contact form di bawah ini
    • Email me form : http://emailmeform.com/
    • Jotform : http://jotform.me/
    • 123 Contact form : http://www.123contactform.com/
    • Kontactr : http://kontactr.com/
  2. Buatlah akun di website yang telah sobat pilih diatas. Lalu ikuti langkah - langkah untuk membuat contact form. Langkah-langkah yang diterangkan di website di atas sudah jelas sob, jadi saya tidak perlu menjelaskan lagi disini. Di website diatas, sobat dapat melakukan kostumisasi untuk contact form. Seperti menambah form, merubah tulisan form, merubah panjang dan lebar, merubah warna dan masih banyak lagi
  3. Lalu, copy kode contact form yang telah sobat buat tadi. Disana terdapat beberapa opsi kode yang bisa sobat pilih. Untuk blog berplatform blogger/blogspot, sobat bisa memilih opsi kode html/javascript
Langkah kedua, membuat halaman contact me di blog
  1. Masuk ke blogger menggunakan email dan password sobat. Jika sudah, lanjut ke langkah ke-2
  2. Buatlah sebuah halaman posting baru dengan judul "Contact Me / Kontak Saya / Contact Us / lainnya yang sobat inginkan" lalu pilih Setelan entri > Pilihan > Beri tanda pada Jangan bolehkan mode tulis pada bagian Komentar pembaca. Namun, saya menyarankan agar sobat menggunakan halaman statis / pages (Untuk membuatnya masuk ke halaman Dasboard > Laman > Laman Baru > Laman Kosong). Karena, sobat tidak perlu lagi untuk menyeting lagi seperti halaman posting.
  3. Klik kotak HTML pada pojok kiri atas
    Cara membuat Contact form di blog
  4. Masukan kode contact form yang sudah sobat buat tadi ke dalam kotak posting
  5. Untuk melihat hasilnya, klik pada kotak Compose
    Cara membuat Contact form di blog
  6. Jika menurut sobat sudah beres bisa langsung klik Publikasikan
  7. Copy linknya dan pasang di menubar / di bagian blog lain yang sobat suka
  8. Selesai
Nah, cara membuat contact form di blog sangatlah mudah kan ? ok sob,saya sudahi sampai disini dulu ok.
mudah"an kontak form kita banyak yang isi sehingga kita dapat menambah pundi-pundi uang kita...hihihi :)

No comments:

Post a Comment